Nano-diamond battery yang bertahan hingga 28 ribu tahun

Sebuah perusahaan startup Amerika dengan nama NDB mengatakan telah berhasil membuat pertama dan satu-satunya battery yang dapat menyimpan muatan hingga ribuan tahun. Perusahaan ini juga mengumumkan bahwa dua proof of concept telah meningkatkan kemampuan battery ini hingga dapat menyimpan 40% muatan yang pada umumnya intan untuk komersial hanya mampu menyimpan hingga 15% muatan.

Kedua bukti konsep tersebut dipimpin oleh fisikawan Universitas Cambridge Sir Michael Pepper dan dalam kedua kasus tersebut, muatan 40% yang dicapai dikaitkan dengan sebuah perlakuan khusus terhadap permukaan nanodiamond baterai yang secara aktif mengekstraksi muatan listrik dari berlian, yang memungkinkan baterai ini memiliki daya yang jauh lebih banyak daripada baterai lain sebelumnya.

“Tim kami menyatukan para pemimpin di bidang nanoteknologi, ilmu nuklir, dan berlian dengan latar belakang militer, akademik, dan penelitian, dan menggabungkan campuran keahlian unik kami telah memungkinkan kami untuk memecahkan kode dalam mengembangkan solusi terobosan yang mengubah hidup ini , ”Nima Golsharifi, CEO dan salah satu pendiri NDB, mengatakan dalam sebuah pernyataan media. “Kami sangat prihatin tentang kesejahteraan planet ini dan berfokus pada penurunan perubahan iklim untuk melindungi planet kita untuk generasi mendatang. Dengan baterai NDB, kami telah mencapai terobosan teknologi besar, inovatif, dan eksklusif dari baterai yang bebas emisi, bertahan ribuan tahun dan hanya memerlukan akses ke udara alami untuk menyalakan perangkat”.

Yang dimaksud dengan ribuan tahun oleh Golsharifi adalah sekitar 28.000 tahun masa pakai baterai untuk telepon seluler, pesawat terbang, roket, kendaraan listrik, sensor dan perangkat serta perangkat lainnya.

Menurutnya, perusahaan telah mendapatkan dua pelanggan beta untuk solusinya, termasuk pemimpin dalam produk dan layanan siklus bahan bakar nuklir dan perusahaan manufaktur kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan global terkemuka.

Golsharifi mengatakan bahwa pengembangan baterai prototipe komersial NDB pertama saat ini sedang berlangsung dan akan dirilis akhir tahun ini.

Cara Kerja NDB

Baterai tersebut dikenal sebagai Diamond Nuclear Voltaic (DNV), di mana kombinasi semikonduktor, logam dan keramik memiliki dua permukaan kontak untuk memfasilitasi pengumpulan muatan. Beberapa unit tunggal dipasang bersama untuk membuat susunan tumpukan, yang dibuat untuk membuat permukaan kontak positif dan negatif mirip dengan sistem baterai pada umumnya. Setiap lapisan tumpukan DNV terdiri dari sumber keluaran berenergi tinggi.

Dalam DNV, radioisotop ditempatkan dengan cara yang memfasilitasi hamburan inelastis yang berasal dari keberadaan berlian kristal tunggal dalam unit tersebut. Pada saat yang sama, tumpukan bersama dengan sumbernya dilapisi dengan lapisan berlian polikristalin, yang dikenal sebagai bahan yang paling konduktif dan paling keras secara termal dan juga memiliki kemampuan untuk menahan radiasi di dalam perangkat.

Sumber: mining.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: