Engine Overspeed Protection System (OSPS)

Engine over speed atau over running sering terjadi ketika drive line meneruskan putaran dari roda menuju engine sehingga RPM engine melebihi batas normal. Akibatnya sistem-sistem pada engine seperti sistem lubrikasi, pendinginan, bahan bakar, intake & exhaust tidak mampu berfungsi normal sehingga engine mengalami kerusakan fatal.

Kami memberikan solusi proteksi engine dari kondisi over speed sehingga menghilangkan potensi kerugian yang sangat besar bagi anda.

Cara Kerja

Engine overspeed protection system module memonitor putaran engine setiap detik. Jika RPM melebihi batas yang ditentukan akan mengeluarkan warning berupa audible atau buzzer dan lampu warning yang memberikan peringatan kepada operator untuk berusaha menurunkan RPM dengan melakukan pengereman atau tindakan apapun sesuai prosedur.

Jika RPM tetap naik dan melampaui batas atas maka module mengeluarkan output action kedua. Action tersebut dapat berupa pemutusan circuit untuk lockup clutch sehingga torque converter terkondisikan pada torque converter drive. Dengan kondisi ini, putaran dari roda tidak akan diteruskan menuju engine sehingga overspeed tidak terjadi.

Pada aplikasi grader Caterpillar 24H, setting RPM untuk warning level adalah 2350 RPM, dan setting untuk action level adalah 2400 RPM.

Schematic Diagram

%d bloggers like this: